School

Nama Sekolah
Sekolah Ananda

Nama Yayasan
YAYASAN BUDDHASENA

Tingkat Pendidikan
TK-SD-SMP-SMA

Wilayah
Jawa Barat

Alamat
Jl. Batu Tulis No.6 Bogor 16131

Kontak

Phone : (+62-251) 8326643 / 8320974

E-mail   : sekolahanandabogor@gmail.com

Sekolah Ananda

Sejarah perjalanan Sekolah Ananda Bogor dimulai dengan diselenggarakannya Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak “Buddhasena”di Jalan Batutulis No. 6 Bogor pada tanggal 7 Januari 1979 oleh Yayasan Buddhasena Bogor.

Keputusan Yayasan Buddhasena untuk berkiprah di dunia pendidikan ini termasuk keputusan yang berani mengingat keterbatasan dana dan sumber daya manusia yang dimiliki pada saat itu. Tetapi dengan bekal tekad yang kuat dan semangat yang tinggi Yayasan Buddhasena ternyata mampu bertahan dan bahkan dapat mengembangkan pelayanan pendidikannya.

Cita-cita Yayasan Buddhasena merintis usaha di Bidang Pendidikan adalah untuk mewujudkan niat Umat Buddha Bogor dalam memberikan sumbangan dan karya nyata bagi masyarakat luas. Niat untuk berpartisipasi aktif dalam dunia pendidikan ini didorong oleh keyakinan bahwa prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Guru Buddha, misalnya mengenai pembinaan kepribadian yang mandiri, pelatihan pengendalian diri dan pembinaan serta pengembangan kemampuan secara berkesinambungan sejalan dengan prinsip-prinsip dasar pendidikan. Oleh karena itu Umat Buddha di Bogor yakin dapat menjadi penyelenggara pendidikan nirlaba yang baik dan mampu membimbing para siswa untuk berkembang seoptimal mungkin menjadi manusia dewasa yang beriman, terampil dan bertanggungjawab.

Pada bulan Mei 1982, Yayasan Buddhasena memperluas pelayanan pendidikannya dengan menyelenggarakan Sekolah Dasar. Pada saat yang bersamaan nama Sekolah “Buddhasena” diubah menjadi “ANANDA” yang diambil dari nama Siswa Buddha yang paling setia. Penggantian nama sekolah ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa Sekolah ANANDA bukan hanya untuk Para Siswa yang beragama Buddha melainkan juga diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Dengan meningkatnya kemampuan dan pengalaman Yayasan Buddhasena dalam penyelenggaraan pendidikan, maka pada tanggal 18 Juli 1988 didirikan Sekolah Menengah Pertama ANANDA.

Penyelenggaraan pendidikan SMP dini dilaksanakan di lokasi baru (yang ditempati sekarang) seluas 2.000 m2 di Jalan Lawanggintung dengan 12 ruang kelas yang sederhana. Sekolah Dasar menyusul pindah ke lokasi baru ini pada tahun 1990. Tahun 1993 renovasi bangunan di Jalan Lawanggintung menghasilkan sebuah gedung sederhana dengan 3 ruang kelas, 1 ruang praktek komputer dan 1 ruang kantor. Kemudian di awal tahun pelajaran 1995/1996 Sekolah Ananda menambah lagi satu gedung permanen berlantai tiga yang terdiri-dari 6 ruang kelas dan 1 ruang perpustakaan.

Jadi total sarana fisik yang dimiliki Sekolah Ananda sekarang ini adalah 2 gedung permanen sederhana dan 1 bangunan darurat terdiri atas 8 ruang kelas di lokasi Jalan Lawanggintung serta 1 gedung permanen dengan 3 ruang kelas di lokasi Jalan Batutulis. Semua pembangunan ini dapat terlaksana berkat kemurahan hati Para Donatur dan peran serta orang tua siswa.

Dengan sarana yang cukup memadai ini Sekolah Ananda menyelenggarakan pendidikan tingkat SMU mulai pada bulan Juli 1995, dan untuk lulusan angkatan ke-2 tahun pelajaran 1998/99 ini ada Seorang Siswi yang berhasil diterima di Institut Pertanian Bogor melalui Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) tanpa tes.

VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH ANANDA

Yayasan Buddhasena selaku penyelenggara pendidikan Sekolah Ananda telah menetapkan suatu tujuan umum sebagai suatu cita-cita yang ingin di raih. Tujuan umum itu adalah menciptakan suatu sistem pendidikan bermutu tinggi yang dikelola dengan penuh keahlian dan yang pada gilirannya mampu menopang tercapainya tujuan pendidikan nasional antara lain terbentuknya manusia utuh dan berjiwa Pancasila.

Didorong oleh keinginan dan tekad untuk mewujudkan tujuan umum tersebut Pihak Yayasan telah menjabarkannya dalam bentuk falsafah, visi, misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Kesemuanya ini merupakan untaian yan terjalin kuat, kokoh, dan bulat yang akan terus menjadikannya sebagai nyala semangat untuk mewujudkan dan menyempurnakan cita-cita tersebut.

Falsafah yang mendasari kiprah Sekolah Ananda sebagai mitra pemerintah dalam dunia pendidikan adalah bahwa pada dasarnya “setiap anak BISA belajar” sehingga dapat dibimbing untuk menjadi lulusan yang menjunjung tinggi Pancasila, berkepribadian Indonesia, bermoral tinggi, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan serta peduli terhadap lingkungan dan perubahan yang timbul serta mampu menemukan alternatif yang terbaik untuk turut serta berpartisipasi dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Sekolah Ananda berkeinginan menjadi salah satu lembaga pendidikan swasta yang menjadi favorit di Kota Bogor dengan orientasi pendidikan pada ilmu pengetahuan dan pembinaan sikap/watak, menghasilkan lulusan yang berkualitas, berjiwa dan berkepribadian nasional.

Untuk mencapai cita-cita dan keinginan tersebut Sekolah Ananda menyelenggarakan pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar dan menengah secara berkualitas dan profesional dengan mengacu kepada pola Pendidikan Nasional yang telah ditetapkan pemerintah.

Usaha-usaha edukatif yang dilakukan terutama ditujukan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang kondusif bagi perkembangan anak didik secara optimal, mewujudkan lingkungan pendidikan yang sehat baik bagi perkembangan kepribadian maupun fisik, serta mewujudkan sistem administrasi dan manajemen yang menunjang kelancaran pelaksanaan pendidikan.

Untuk mencapai hal-hal tersebut di atas tentunya perlu sarana serta fasilitas/alat pendidikan yang baik, Sumber Daya Manusia yang profesional dan penuh dedikasi serta dana yang memadai.

Kendala yang dihadapi oleh Sekolah Ananda selama ini terutama karena kurangnya modal kerja, baik untuk mempekerjakan tenaga profesional maupun untuk menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang baik.

Perjalanan untuk mewujudkan suatu cita-cita memang bukan merupakan pekerjaan yang mudah dimana sangat dibutuhkan daya tahan yang kuat, kesabaran yang tinggi dan keyakinan kuat akan cita-cita tersebut. Apa yang telah, sedang dan akan dicapai bukanlah kerja perorangan tetapi merupakan dukungan dari berbagai pihak dimana semua menjalankan fungsi dengan penuh rasa tanggung jawab.